pixabay.com

Apa yang Harus Dilakukan Jika Bagasi Hilang Saat Naik Pesawat

Bagasi hilang bisa jadi pengalaman yang menyebalkan. Bayangkan jika kamu sudah bersiap liburan di tempat wisata impian sejak lama, lalu dikacaukan dengan berita bagasi hilang.

Ya, pernahkah kamu terpikir sedang menunggu koper di konveyor tetapi kopermu tak kunjung datang? Hal yang tidak terduga terjadi, koper yang kamu taruh di bagasi ternyatat tidak ada!

Kehilangan koper bagasi bisa menjadi hal terburuk yang terjadi saat liburan. Jangan panik, ini hal-hal yang bisa kamu lakukan jika bagasimu hilang.

1. Jangan Panik, Bagasi Belum Tentu Hilang

bagasi hilang

Sumber: bloomberg.com

Tips cara mengatasi bagasi hilang pertama adalah jangan panik. Hal ini dikarenakan koper kamu belum tentu hilang. Wajar bila kamu panik dan takut, tetapi bagasi hilang adalah hal yang sering terjadi dalam penerbangan.

Koper dan tas yang diangkut maskapai penerbangan banyak yang mengalami kendala seperti hilang, tertunda, atau rusak. Meskipun demikian, kamu harus tenang. Peluang koper atau tas kamu hilang itu cukup kecil. Mungkin, kopermu tidak benar-benar hilang, melainkan tertunda saja.

Biasanya hal yang terjadi adalah koper kamu tertinggal di bandara saat kamu pergi atau terbawa oleh maskapai lain. Hal ini cukup sering terjadi dan pihak maskapai akan dengan sigap mengirim tas atau koper kamu ke bandara tujuan.

Melansir laman studentuniverse.com, sekitar 97% koper akan kembali dalam 2 hari. Kurang dari 5% dari kasus tersebut benar-benar hilang dan tidak pernah kembali kepada pemiliknya.


Baca Juga: 7 Perlengkapan Traveling Esensial Agar Jalan-Jalan Tetap Aman


2. Tetap Tenang

bagasi hilang

Sumber: wikiHow

Tips cara mengatasi bagasi hilang yang kedua adalah untuk tetap tenang. Kamu pasti tahu kalau panik bukanlah jawaban yang tepat.

Situasi seperti ini bisa membuat stres dan overthinking, tapi terlalu banyak memikirkan hal buruk yang terjadi tidak akan membantu menyelesaikan masalah kamu.

Tenangkan diri dan positive thinking bahwa koper kamu masih berada di bandara asal atau salah maskapai. Ingatlah bahwa saat ini teknologi menunjang kamu untuk menemukan barang bawaan di maskapai.

3. Kunjungi Kantor Maskapai Terkait

Tips cara mengatasi bagasi hilang ketiga adalah jangan ragu atau malu menghubungi petugas bandara. Petugas bandara biasanya akan mengarahkan kamu ke kantor maskapai.

Pelaporan bagasi hilang ini sebaiknya jangan ditunda-tunda. Biasanya, maskapai mewajibkan kamu untuk melaporkan koper kamu yang hilang dalam beberapa jam setelah mendarat.

Siapkan kartu identitas seperti KTP, paspor (untuk penerbangan luar negeri), dan tiket penerbangan kamu. Jangan lupa lupa untuk menanyakan beberapa hal penting seperti:

  • Status kopermu berada di mana?
  • Kapan kopermu akan sampai bandara?
  • Apakah koper bisa dikirim ke hotel/tempat penginapan?

4. Segera Check-in ke Hotel/Akomodasi

Tips mengatasi bagasi hilang yang keempat adalah bergegas menuju hotel atau akomodasi tempat kamu menginap. Hal ini dikarenakan maskapai mungkin sudah mengirimkan kopermu ke hotel tujuan.

Jika koper belum sampai, kamu bisa mencari supermarket atau minimarket terdekat untuk mengganti barang-barang yang ada di koper, seperti pakaian ganti.

Jika kamu membutuhkan alat mandi, kamu bisa menanyakan ke pihak hotel apakah hotel menyediakan peralatan mandi. Umumnya hotel menyediakan handuk, alat mandi, dan sandal.

5. Jadilah Proakftif

Tips cara mengatasi bagasi hilang selanjutnya adalah menghubungi pihak maskapai untuk memberikan update soal koper kamu.

Jangan menunggu kabar dari mereka saja, kamu juga harus memastikan lokasi dan status kopermu saat ini. Pastikan untuk menghubungi pihak bandara secara berkala, ya.

6. Simpan Barang Penting di Tas/Koper Kabin

bagasi hilang

Sumber: eatwanderexplore.com

Cara mengatasi bagasi hilang selanjutnya adalah meletakkan barang penting di tas/koper kabin. Beberapa barang penting ini meliputi laptop, tablet, charger, adaptor, kamera, dan sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika kopermu hilang. Dengan begitu, barang elektronik kamu seperti laptop dan ponsel pun tetap aman.

Kamu juga bisa menyimpan baju dan pakaian dalam sebanyak satu pasang dalam koper. Kalau kamu memiliki penyakit tertentu, jangan lupa untuk memasukkan obat-obatan juga.

7. Simpan Tiket Kamu

Tips mengatasi bagasi hilang selanjutnya adalah menyimpan tiket dengan baik. Tiket ini adalah bukti kepemilikan kopermu.

Jangan sampai saat koper datang, kamu tidak bisa mengambilnya karena tiket kamu yang giliran hilang.

Kamu juga bisa memfoto tiket dan kartu bukti kepemilikan bagasi saat check-in pesawat, untuk berjaga-jaga dari hal buruk yang dapat terjadi ke depannya.

8. Check-in Pesawat Lebih Awal

Tips mengatasi bagasi hilang selanjutnya adalah dengan check-in lebih awal. Jika kamu check-in di menit terakhir penerbangan, ini memperbesar peluang kopermu tidak ikut dalam penerbangan.

Oleh karena itu, usahakan kamu check-in lebih awal, antara satu sampai dua jam sebelum penerbangan.

Semoga informasi ini membantu kamu dalam mengatasi bagasi yang hilang, ya!


Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Solo Traveling


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles