Aneka Jajanan Khas Bandung yang Cocok Dijadikan Takjil Buka Puasa

Aneka Jajanan Khas Bandung yang Cocok Dijadikan Takjil Buka Puasa

Sebagai destinasi wisata, Bandung tak pernah gagal memikat para wisatawan dengan ragam wisatanya yang selalu hits karena mengikuti perkembangan zaman. Ini tak terkecuali wisata kuliner dan aneka jajanan khas Bandung.

Tak hanya rasanya yang unik, tampilan visual kuliner Bandung yang menggugah selera serta ramah di kantong pun membuat banyak orang sengaja berkunjung ke Bandung hanya untuk wisata kuliner!

Aneka Jajanan Khas Bandung yang Cocok Dijadikan Takjil

Apabila kamu sedang berlibur ke Bandung, jangan lupa untuk mencoba aneka jajanan khas Bandung ini. Selain enak, jajanan-jajanan ini cocok untuk menemani waktu berbuka puasa.

1.  Kue Balok

Pencinta jajanan manis harus banget mencicipi kue balok di Bandung. Kue balok ini tersedia dalam berbagai macam rasa kekinian, mulai dari brownies hingga green tea.

Salah satu rekomendasi tempat membeli kue balok legendaris di Bandung adalah Kue Balok Mang Didin, yang sudah eksis sejak tahun 1960-an. Kamu bisa mengunjunginya di Jl. Abdul Rahman Saleh No.52 Cicendo, Bandung.

2.  Pisang Bolen

Pisang boleng adalah salah satu pilihan kudapan yang terbuat dari olahan pisang dan juga keju. Kedua bahan ini kemudian diselimuti adonan pastry, sehingga rasa jajanan ini semakin gurih.

3.  Bolu Susu Lembang

Jika kamu sedang berada di Lembang, kamu bisa menjajal bolu susu lembang. Jajanan yang satu ini memiliki beragam pilihan rasa, mulai dari stroberi, vanila, hingga cokelat.

4.  Tahu Susu Lembang

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mencicipi tahu susu lembang yang dikenal lembut dan gurih. Lho, tahu bertemu susu? Bagaimana jadinya, tuh?

Tenang dulu. Sebelum kamu keburu mengernyitkan dahi mendengar namanya, tahu susu sebenarnya tidak mengandung susu sama sekali, kok.

Alih-alih, nama jajanan ini berasal dari tekstur makanannya yang lembut layaknya susu.

Untuk mencobanya, kamu bisa memesan tahu susu dalam keadaan mentah maupun matang. 

Baca Juga: Ini Dia 7 Jajanan Kaki Lima Legendaris di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

5.  Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung adalah kuliner tape khas Bandung yang dibuat dari olahan singkong. Olahan singkong difermentasikan dengan ragi sehingga menjadi lembut dan menghasilkan rasa asam manis yang khas.

6.  Martabak Bandung

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bandung tanpa jajan martabak. Kamu bisa coba memesan Martabak San Fransisco, yang merupakan salah satu martabak terpopuler di Bandung.

Kamu bisa memilih berbagai pilihan topping kekinian seperti cokelat kacang, keju coklat, keju, green tea, Delfi, chunky bar, Oreo, Kit Kat cokelat, Nutella, dan Toblerone.

7.  Perkedel Bondon

Perkedel Bondon

Sumber: Tempat Wisata di Bandung

Perkedel Bondon adalah salah satu jajanan hits di Bandung yang bisa kamu temukan di sekitar Stasiun Hall Kereta Api Bandung. Rasa yang gurih dan tekstur yang lembut membuat jajanan ini populer di kalangan wisatawan.

8.  Colenak

Colenak adalah oleh-oleh khas Bandung yang sudah eksis sejak tahun 1930.

Jajanan khas Bandung yang satu ini terbuat dari peuyeum. Peuyeum dimasak dengan cara dibakar, lalu disiram dengan campuran air gula jawa dan parutan kelapa. Hmm, pasti manis dan gurih!

9.  Kue Bandros

Bagi kamu pencinta jajanan gurih dan juga asin, kamu bisa mencoba kue bandros. Kue bandros ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa sebagai bahan utamanya. 

10.  Combro

Combro merupakan jajanan yang terbuat dari olahan singkong. Olahan singkong digoreng lalu diberi isian oncom. Rasanya yang gurih bikin kamu tak bisa berhenti mengunyahnya!Bobocabin Bobobox

11. Misro

Misro adalah singkatan dari “amis di jero” atau ‘manis di dalam’. Jajanan yang satu ini terbuat dari parutan singkong seperti halnya combro, tapi diisi dengan gula merah sehingga memiliki cita rasa manis.

12. Gehu Jeletot

Gehu Jeletot

Sumber: PingPoint

Gehu adalah salah satu  jajanan oleh-oleh khas Bandung yang terbuat dari tahu. Tahu ini kemudian diberi isian tauge yang telah dimasak dengan bumbu pedas. 

Ada berbagai variasi lain dari gehu jeletot yang bisa kamu temui, mulai dari isian wortel, kol, bihun, hingga daging cincang.

13. Tempe Gila

Ingin cemilan pedas yang gurih? Kamu bisa mencoba tempe gila yang kaya akan taburan bumbu pedas. Jangan lupa borong untuk oleh-oleh juga, ya!

14. Bolu Bakar

Kamu bisa memilih dua variasi bolu bakar di Bandung untuk menemani buka puasa. Rasa yang tersedia adalah asin dan manis, dengan berbagai macam isian di dalamnya. Dijamin ketagihan!

15. Wajit Cililin

Wajit cililin ini merupakan olahan dodol yang dibungkus dengan kulit jagung sehingga bisa bertahan lama. Bahan dasar jajan khas Bandung ini adalah beras ketan, kelapa, dan juga gula merah.

16. Gepuk

Jajanan khas Bandung ini terbuat dari olahan daging sapi. Gepuk mampu bertahan lama karena olahan daging sapinya direbus sampai benar-benar matang.

17. Rujak Cireng

Rujak Cireng

Sumber: atha naufal via YouTube

Rujak Cireng adalah cireng yang terbuat dari tepung kanji lalu digoreng dan disajikan dengan saus atau bumbu rujak. Rasa gurih dan pedas rujak cireng ini bikin momen berbuka jadi semakin meriah!

18. Keripik Maicih

Warga Bandung seringkali dikenal dengan menu makanan buka puasa yang gurih nan pedas. Salah satunya adalah keripik pedas maicih, yang semakin nikmat jika dicampur nasi.

19. Basreng

Basreng adalah singkatan dari bakso goreng. Jajanan khas Bandung ini bisa kamu jadikan pilihan berbuka puasa sekaligus oleh-oleh. 

20. Picnic Roll

Anjuran kerap berkata, berbukalah dengan yang manis. Nah, bicara tentang yang manis-manis, kamu bisa mencoba jajanan picnic roll.

Picnic roll memiliki bahan dasar puff pastry. Di dalamnya diberi isian daging sapi atau ayam giling dengan tambahan telur. 

Jajanan ini merupakan produk andalan dari Prima Rasa yang dibanderol dengan harga mulai dari 80 ribuan.

Baca Juga: 9 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Bikin Makin Semangat

Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Alun-Alun, Bandung

Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Alun-Alun, Bandung

Bagi kamu yang tertarik mencoba langsung kuliner takjil khas Bandung di atas, kamu bisa coba liburan sambil menikmati suasana Ramadan di Kota Bandung.

Selama kamu sedang berada di Bandung, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. 

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox Alun-alun, Bandung. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjungnya.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles