_KIM8162

Kegiatan Permainan Outbound: Jenis dan Tujuannya. Sudah Tahu Belum?

Outbound adalah acara yang biasa dipilih untuk mempererat hubungan antar anggota tim dan melepaskan diri dari rutinitas yang mungkin membuat tim lelah secara fisik dan pikiran. Oleh karenanya, pelaksanaan outbound perlu direncanakan dengan matang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih kegiatan permainan outbound yang tepat. Memilih kegiatan yang tepat bisa membuat acara yang diselenggarakan terasa lebih berkesan dan menyenangkan. 

Penasaran apa saja kegiatan yang bisa kakak coba? Langsung saja simak pembahasan di bawah ini!

Jenis Kegiatan Permainan Outbound

Pengen nyobain outbound yang anti mainstream? Bob punya banyak ide-ide menarik yang bisa kakak coba berikut ini!

1. Estafet Air

Rasanya, acara outbound enggak akan lengkap tanpa permainan yang bikin badan basah. Untuk itu, Bob merekomendasikan permainan estafet air.

Pertama-tama, instruktur/fasilitator akan meminta peserta peserta untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain secara estafet dengan menggunakan mangkok kecil. Nantinya, kelompok dengan air lebih banyak akan jadi pemenangnya. Selain mudah dimainkan, alat dan bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana, yakni ember, mangkok kecil, dan air.

Pertama, ada estafet air yang jadi pilihan ketika outbound. Permainan ini meminta para peserta untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain secara estafet dengan menggunakan mangkok kecil. Nantinya, kelompok dengan air lebih banyak akan jadi pemenangnya. Selain mudah dimainkan, alat dan bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana, yakni ember, mangkok kecil, dan air.

2. Kawat Listrik

Mendengar namanya, mungkin kakak akan ketakutan. Padahal, enggak ada yang perlu kakak khawatirkan karena permainan ini membuat outbound kakak jauh lebih menyenangkan.

Walau namanya kawat listrik, game-nya enggak pakai kawat beneran melainkan tali yang sengaja dibentangkan sebahu. Nah, nantinya kakak harus melewati tali yang membentang tersebut tanpa menyentuhnya. Caranya adalah dengan melompat atau melalui bagian atas tali.

Banyak orang berpikir permainan ini mudah dilakukan. Padahal, jika dilakukan secara berkelompok dan bergandengan tangan, kawat listrik bakal menyulitkanmu, lo. Tak heran jika permainan tersebut kerap dipilih untuk mengasah kerja sama tim.

3. Kereta Panjang

Bikin hubungan kakak dan anggota tim makin hangat dengan bermain kereta panjang. Permainan klasik ini mengajak setiap kelompok untuk mengeluarkan semua yang mereka miliki. Setelah itu, kakak dan anggota kelompok harus membuat barisan dengan benda tersebut dalam waktu yang ditentukan instruktur.

4. Menara Air

Gak mau kan acara outbound terasa hambar dan ngebosenin? Agar acaranya meriah, menara air bisa menjadi pilihan permainan outbound terbaik! Permainan dimulai dengan membagi para peserta menjadi beberapa kelompok. Lalu, instruktur meminta anggota kelompok untuk telentang di tanah sambil membentuk lingkaran. Setelah itu, masing-masing anggota mengangkat kaki dan instruktur akan meletakkan sebuah ember di atas kaki peserta. Peserta dari kelompok lain nantinya akan mengisi ember tersebut. Pada momen ini, instruktur meminta kelompok yang telentang menjaga embernya agar airnya tidak tumpah.

5. Perang Naga

Sedang mencari game yang mampu memberikan keseruan selama outbound? Apabila iya, kakak bisa mencoba perang naga. Jenis permainan ini terdiri dari dua orang atau lebih. Tiap-tiap kelompok kemudian bertugas untuk melindungi balon air milik mereka dan berusaha memecahkan balon air milik lawan bermodalkan tusuk gigi.

6. Pipa Bocor

Kata siapa keseruan hanya bisa kakak dapatkan dari permainan perang naga? Permainan pipa bocor enggak kalah seru lho! 

Ide utamanya sendiri adalah memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain menggunakan pipa yang penuh lubang. Dengan begitu, rasa kebersamaan dan kerja sama kakak dan tim sangatlah dibutuhkan untuk memenangkan permainan pipa bocor tersebut. Siap menang?

7. Si Bisu, Tuli, dan Buta

Si bisu, tuli, dan buta adalah kegiatan permainan outbound yang bertujuan untuk melatih kerja sama tim. Pasalnya, tiap orang nantinya akan memerankan si bisu, si tuli, dan si buta ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh fasilitas atau instruktur.

8. Spider Web

Terakhir, Bob sarankan untuk mencoba permainan spider web. Permainan ini relatif serupa dengan kawat listrik. Hanya saja, permainan ini menggunakan jaring laba-laba alih-alih tali yang membentang. Pada praktiknya, setiap tim diminta untuk menyebrangkan anggota melalui lubang jaring tanpa menyentuh tali. Apabila menyentuh tali, permainan harus diulang dari awal.

Tujuan dan Manfaat

Jadi, gimana? Dari semua ide kegiatan permainan Bob, ada yang jadi favorit kakak?

Lalu, tahu enggak sih kalau permainan-permainan ini juga bukan hanya sekadar asal main saja. Ada tujuan dan manfaat yang bisa kakak dan peserta lain dapatkan. Apa saja ya kira-kira? Intip di bawah ini, yuk!

Dari berbagai contoh kegiatan outbound yang dilakukan, terselip tujuan dan manfaat yang bakal didapat oleh peserta. Apa sajakah itu? Ini dia beberapa di antaranya!

1. Kerja Sama Tim dan Kekompakan

Untuk memenangkan permainan outbound, kerjasama tim dan kekompakan sangatlah diperlukan. Meski begitu, kerja sama dan kekompakan ini tetap terbentuk meski tim kakak kalah dalam permainannya karena pada dasarnya kedua hal tersebut diasah secara tak selama memainkan permainan outbound. 

2. Melatih Komunikasi

Selama melakukan permainan outbound, kakak wajib berkomunikasi dengan setiap anggota tim agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Untuk itu, kakak yang dulunya kerap kesulitan dalam berkomunikasi bisa terlatih berkat melakukan permainan.

3. Meningkatkan Kemampuan Untuk Membuat Strategi

Memenangkan permainan outbound tak hanya butuhkan kerja sama tim saja. kakak juga membutuhkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Pada momen-momen tertentu, tugas yang diberikan fasilitator pada sebuah permainan mengharuskan untuk mengingat benda atau kata-kata. Ini membuat nantinya konsentrasi dan daya ingatmu makin meningkat dan terasah.

5. Meningkatkan Kreativitas

Dalam proses memenangkan sebuah permainan outbound, kakak dan tim dituntut untuk berpikir out of the box. Ini menjadikan kegiatan yang kakak lakukan selama outbound bakal meningkatkan kreativitasmu.

6. Meningkatkan Leadership

Saat memainkan permainan outbound, ada kalanya kakak dipercaya sebagai ketua tim. Pada momen inilah, kakak bisa mengasah dan meningkatkan kemampuan leadership yang mungkin jarang bisa didapat di kantor.

7. Meningkatkan Percaya Diri

Manfaat dan tujuan lain dari permainan outbound adalah meningkatkan percaya diri. Hal ini terbilang wajar mengingat permainan yang kakak lakukan menuntut kakak untuk percaya pada kemampuan dalam mengambil keputusan.

8. Meningkatkan Skill Analisis

Tak hanya mampu meningkatkan kepercayaan diri, permainan outbound punya manfaat dan tujuan lain, yakni meningkatkan kemampuan analisis. Kemampuan tersebut terbentuk karena kakak dipaksa untuk memilih opsi terbaik agar tim kakak bisa memenangkan permainan.

Pilihan Paket Outing Bobocabin

Selain memilih kegiatan permainan, outbound yang seru dan mengesankan bisa didapat dengan memilih lokasi yang tepat. Salah satu lokasi yang Bob rekomendasikan adalah Bobocabin.

Saat outbound di Bobocabin, kakak akan menginap di dalam cabin yang dilengkapi dengan fasilitas komplit dan berteknologi tinggi. Di samping itu, Bobocabin juga akan memfasilitasi kakak dengan alam terbuka dengan pemandangan yang memukau, sehingga pengalaman yang ditawarkan dijamin berbeda dengan kebanyakan tempat outbound pada umumnya. Apalagi, Bobocabin berada di banyak lokasi yang dekat dengan tempat wisata seperti Bobocabin Ranca Upas, Bobocabin Coban Rondo, Bobocabin Baturraden, dan masih banyak lainnya.

Menariknya lagi, Bobocabin menawarkan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kakak. lo!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, pilih paket outing Bobocabin yang begitu beragam dan dapatkan aktivitas seru yang bakal sulit kakak lupakan!

 

Penulis: Emier Abdul Fiqih

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles