taman fatahillah

Menginap di Bobobox Kota Tua? Ini Dia 7 Wisata Kota Tua Terdekat Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Kota Tua Jakarta adalah destinasi wisata favorit di ibu kota. Dikenal juga sebagai Old Batavia, lokasi ini disebut sebagai tujuan wisata tertua di Jakarta oleh Pradaningrum Mijarto dalam bukunya Old City Tour: Jakarta. Tujuan bersejarah ini menawarkan ragam kegiatan yang bisa kamu lakukan mulai dari wisata edukasi, rekreasi, hingga kuliner. Semua bisa kamu jelajahi dengan mudah kalau kamu menginap di Bobobox Kota Tua.

Supaya kamu bisa menjelajahi Kota Tua bisa lebih maksimal, berikut 7 tempat wisata Kota Tua yang terletak tidak jauh dari Bobobox Kota Tua!


Baca Juga: Psst, Jangan Bilang-Bilang Ya. Ini Dia 10 Spot Tersembunyi Jakarta Yang Cantik Dan Unik


7 Wisata Kota Tua Yang Wajib Dikunjungi

1. Art Street Kota Tua

art street kota tua

Source: Nabilla Ramadhian via kompas.com

Terletak tidak jauh dari pintu masuk Stasiun Jakarta Kota, Art Street menawarkan ragam seni yang unik dan menarik. Berbagai atraksi dan aliran seni dapat kamu nikmati, di antaranya adalah live music, pertunjukan pantomim, maupun cosplay. Yang paling penting, jangan sampai lupa untuk mendokumentasikan berbagai ekspresi seni ini ya!

Akses menuju Art Street juga sangat mudah, hanya memakan waktu 5 menit dengan berjalan kaki dari Bobobox Kota Tua.

2. Taman Fatahillah

bobobox kota tua

Source: Diva Tour Travel and Transportation via expedia.com.sg

Tidak jauh dari Art Street, kamu akan menemukan Taman Fatahillah yang tak pernah sepi pengunjung. Area taman sudah menjadi salah satu tujuan ikonik di Kota Tua berkat suasananya yang masih terkesan kuno. Tentu saja hal ini memang disengaja demi mengabadikan tempat yang sempat menjadi pusat pemerintahan Batavia pada masa kolonial Belanda.

Taman Fatahillah menjadi tujuan wisata yang pas untuk berfoto maupun bersantai. Atau jika kamu ingin memiliki pengalaman vintage yang lebih autentik, kamu bisa menyewa sepeda ontel untuk berkeliling Kota Tua.

3. Museum Fatahillah

museum fatahillah

Source: Adhi Muhammad Daryono via Dinas Kebudayaan DKI

Selagi mengunjungi Taman Fatahillah, kegiatan wisata akan lebih lengkap kalau kamu juga mampir ke bagian dalam Museum Sejarah Jakarta, atau lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah. Tapi pastikan untuk datang di hari Selasa hingga Minggu ya, karena museum ini tidak beroperasi pada hari senin.

Kamu dapat mempelajari tentang sejarah Kota Jakarta dari masa Batavia di sini. Terdapat beragam koleksi peninggalan masyarakat Belanda yang dahulu tinggal di Batavia sejak awal abad XVI.

Cukup dengan membayar tiket masuk Museum Fatahillah Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak, kamu sudah dapat berwisata sambil mendapatkan edukasi tentang rsejarah di sini.


Baca Juga: Rencana Petualangan 24 Jam Di Jakarta, Bisa Ngapain Aja?


4. Cafe Batavia

cafe batavia

Source: SurfingWild via tripadvisor.com

Kafe yang satu ini berlokasi tepat di seberang Taman dan Museum Fatahillah. Gedung tempat kafe ini berdiri pertama dibuat sekitar tahun 1830-an dan kemudian beralih fungsi menjadi kafe pada tahun 1993. Cafe Batavia masih mempertahankan interior vintage dengan furnitur kayu, lampu antik, serta foto-foto lama yang menghiasi dindingnya.

Menu hidangan yang disediakan pun sangat beragam, dari hidangan barat hingga nusantara. Mulai dari harga Rp 20ribu saja, kamu bisa menikmati pengalaman unik seolah menikmati hidangan lezat di masa lalu.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

museum seni rupa dan keramik

Source: Tourism Media via expedia.co.id

Museum Seni Rupa dan Keramik ini terletak masih tidak jauh dari Museum Fatahillah. Seperti namanya, museum ini memamerkan berbagai jenis keramik, lukisan, serta seni rupa khas Indonesia maupun mancanegara yang sudah ada sejak tahun 1800-an.

Selain koleksi ragam karya, kamu juga bisa mempelajari teknik pembuatan gerabah di kelas pelatihan, atau mengunjungi perpustakaan untuk belajar lebih banyak seputar kesenian. Museum ini dibuka untuk umum pada hari Selasa sampai Minggu dengan harga tiket Rp5.000 untuk orang dewasa, Rp3.000 untuk pelajar dan mahasiswa, serta Rp2.000 untuk anak-anak.

6. Museum Bank Indonesia

museum bank indonesia

Source: via bi.go.id

Berjarak 6 menit dari Bobobox Kota Tua, Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum unik yang wajib kamu kunjungi. Museum ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang peran Bank Indonesia dari sebelum masa kolonial hingga beberapa tahun lalu.

Bangunan Museum Bank Indonesia masih lekat dengan fitur arsitektur masa kolonial dan pernah berfungsi sebagai gereja dan rumah sakit. Hanya dengan membayar tiket masuk Rp5.000 saja kamu dapat melihat serangkaian koleksi uang kertas yang pernah beredar dan bahkan mendapatkan edukasi singkat lewat immersive cinema.


Baca Juga: Berani Berkunjung? Ini Dia Tempat-Tempat Angker Di Jakarta!


7. Magic Art 3D Museum

magic art 3d museum

Source: via ticket.haho.co.id

Kalau museum-museum sebelumnya menyimpan banyak sejarah, museum yang satu ini terkesan lebih modern. Mengusung tema lukisan dan seni tiga dimensi, kamu bisa jelajahi tujuh zona 3D – zona lukisan, satwa, lautan, rutinitas, dinosaurus, petualangan, dan horor – serta mengabadikan ilusi optisnya lewat foto.

Tapi ingat, jangan lupa untuk membawa sepasang kaus kaki ya! Magic Art 3D Museum mewajibkan pengunjung untuk melepas alas kaki dan memakai kaus kaki agar tidak merusak karya seni yang ada.

Jelajahi Kota Tua Lebih Mudah Dengan Menginap di Bobobox Kota Tua!

bobobox kota tua

Berlokasi di tengah Kota Tua, Bobobox Kota Tua adalah akomodasi nyaman dengan harga terjangkau yang letaknya sangat dekat dengan berbagai tujuan wisata ikonik di Kota Tua. Cukup dengan berjalan kaki ke berbagai tujuan wisata, kamu dapat liburan puas dengan penggunaan waktu yang super efisien.

Dan setelah capek menjelajahi Kota Tua, kamu bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman. Setiap pods Bobobox dilengkapi dengan fitur pengaturan cahaya yang bisa kamu atur sesuka hati sesuai mood

Yuk, pastikan liburan kamu lebih maksimal di Bobobox Kota Tua! Untuk informasi lebih lanjut, silahkan unduh aplikasinya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles