Clay Banks/Unsplash

Simak 7 Judul Novel Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Baca Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Setiap tahunnya, kamu akan selalu dihadapkan dengan berbagai novel baru. Namun, tahukah kamu bahwa ada berbagai novel yang memiliki nilai lebih di mata banyak orang meski sudah terbit sejak lama. Karena itu, tidak sedikit orang menganggap novel-novel itu sebagai novel terbaik sepanjang masa yang setidaknya wajib kamu baca sekali seumur hidup. Penasaran gak sih dengan novel-novel terbaik itu? Simak tujuh di antaranya berikut ini!

To Kill a Mockingbird – Harper Lee

novel terbaik sepanjang masa, how to kill a mockingbird

Mengambil latar di Maycomb, Alabama, Amerika Serikat, cerita dalam To Kill a Mockingbird berpusat pada Atticus Finch, seorang pengacara berkulit putih yang membela Tom Robinson. Tom Robinson ini merupakan seorang berkulit hitam yang mendapat tuduhan pemerkosaan terhadap seorang wanita muda berkulit putih.

Melalui kasus tersebut, Finch mengajari anaknya untuk tidak menilai seseorang dari warna kulit, namun lebih pada tabiat asli orang tersebut. Penuh dengan pesan moral tentang cinta, empati, prasangka, kebencian hingga kemunafikan, tidak heran jika To Kill a Mockingbird menjadi salah satu novel terbaik sepanjang masa.

Lewat novel ini, kamu bisa mendapatkan pelajaran tentang kemanusiaan. Salah satunya adalah bagaimana prasangka dan kebencian bisa membutakan seseorang sementara keadilan hanya bisa didapat jika tidak ada pandangan sebelah mata terhadap latar belakang orang lain.

The Lord of the Rings – J. R. R. Tolkien

novel terbaik sepanjang masa, the lord of the rings

Bukan hanya menjadi buku terbaik sepanjang masa, The Lord of the Rings juga menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa dengan penjualan mencapai 150 juta kopi. Sejak pertama kali rilis di tahun 1954, novel bergenre fantasi ini sudah mulai merasakan popularitasnya hingga menghasilkan banyak sekuel film, teater, lukisan dan bahkan video game.

Lalu, apa yang akan kamu dapatkan dari The Lord of the Rings? Melalui novel ini, kamu akan berkenalan dengan dunia Middle Earth beserta karakter-karakter yang hidup di dalamnya. Middle Earth sendiri merupakan dunia fantasi luas yang di satu sisi penuh dengan kemurnian, namun di sisi lain juga bisa dikendalikan oleh kekacauan. Kamu juga akan diajak mengikuti perjalanan penuh tantangan yang dilalui Frodo Baggins.

Harry Potter – J. K. Rowling

novel terbaik sepanjang masa, harry potter

Hampir semua orang pasti setuju bahwa serial novel Harry Potter merupakan jajaran novel terbaik sepanjang masa. Secara keseluruhan, serial ini telah terjual hingga 450 juta kopi dengan Harry Potter and the Sorcerer’s Stone di peringkat pertama. Angka penjualan novel pertama tersebut mencapai 107 juta kopi sehingga menjadikannya salah satu novel terlaris sepanjang masa.

Pertama kali terbit pada 1997, Harry Potter telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masa kecil jutaan anak di dunia. Seperti yang kamu tahu, melalui novel ini, kamu akan diajak menikmati kisah hidup dan perjalanan Harry Potter di dunia sihir hingga mengalahkan Lord Voldemort. Melalui keseluruhan novel ini, kamu juga akan berkenalan dengan karakter menarik lainnya seperti Ron, Hermione, Hagrid, Dumbledore, dan masih banyak lagi.


Baca Juga: Throwback Ke Masa Kecilmu Bareng Bob Dengan Bacaan-Bacaan Populer Tahun 90an Berikut Ini!


 The Little Prince – Antoine de Saint- Exupéry

novel terbaik sepanjang masa, the little prince

Sekilas, The Little Prince mungkin tampak seperti novel sederhana. Namun, siapa sangka bahwa novel yang pertama terbit pada 1943 ini termasuk salah satu novel terbaik sepanjang masa. Novel ini bahkan menjadi salah satu novel terlaris yang sudah terjual hingga 142 juta salinan.

The Little Prince sendiri bercerita tentang pertemuan seorang pilot dengan seorang pangeran kecil. Dalam kesempata itu, sang pangeran kecil berbagi cerita tentang perjalanannya ke berbagai planet untuk mencari tahu makna kehidupan.

Frankenstein – Mary Shelley

nove terbaik sepanjang masa, frankenstein

Sebagian dari kamu mungkin telah mengenal karakter Frankenstein lewat film animasi atau horor. Namun, tahukah kamu cerita sebenarnya di balik sosok Frankenstein? Kamu bisa menemukan jawabannya adalam novel science fiction berjudul Frankenstein yang pertama terbit pada 1818 lalu. Novel terbaik sepanjang masa ini ditulis oleh Marry Shelley saat ia masih berusia 18 tahun.

Berbeda dengan gambaran Frankestein selama ini, Frankenstein dalam novel bukanlah sosok menakutkan. Singkatnya, Frankenstein berkisah tentang seorang ilmuwan berbakat bernama Victor Frankenstein. Lewat percobaannya dengan mayat manusia, ia berhasil menciptakan memberi kehidupan pada tubuh tak bernyawa itu.

Namun, ciptaan tersebut ternyata tak sesuai harapannya. Alih-alih menghasilkan kesempurnaan, Frankenstein justru telah menciptakan sesosok monster menakutkan. Tak hanya menerima penolakan dari Frankenstein, kehadiran makhluk itu juga tidak diterima oleh masyarakat sekitar betapa pun kebaikan yang telah ia lakukan.

Akibatnya, sang monster pun melancarkan aksi balas dendam lewat pembunuhan dan terror. Setelah membaca buku ini, kamu mungkin merasa iba sekaligus menyayangkan nasib sang monster. Kamu juga akan mempertanyakan hal-hal seperti apa sebenarnya yang membuat kita menjadi manusia.


Baca Juga: Hati-Hati Terbawa Mimpi! Ini Dia 10 Rekomendasi Novel Horor Terbaik Versi Bob.


1984 – George Orwell

novel terbaik sepanjang masa, 1984

Jika kamu butuh bacaan berat, 1984 wajib banget kamu baca setidaknya sekali seumur hidup. Novel terbaik sepanjang masa ini mengisahkan dunia distopia dan totaliter yang kehidupan warganya diambil alih oleh rasa takut, kendali dan kebohongan. Sosok bernama Big Brother berada di balik semua kegilaan tersebut.

Kamu akan mendapatkan gambaran dunia di bawah kuasa Big Brother itu lewat sudut pandang Winston Smith. Winston diceritakan mulai merasakan sifat-sifat dasar manusia yang sudah lama raib di dunia tersebut. Di sisi lain, ia juga harus hidup dalam pengawasan penuh di dunia tanpa kebebasan, individualitas dan bahkan cinta. Meski tahun tersebut sudah berlalu, tema yang diangkat masih relevan dengan keadaan sekarang ini.


Baca Juga: Tidak Hanya George Orwell, Berikut Rekomendasi Novel Politik Terbaik Dari Penulis Lain Yang Wajib Kamu Baca


Pride and Prejudice – Jane Austen

novel terbaik sepanjang masa, pride and prejudice

Dari kategori romance, Pride and Prejudice menjadi salah satu novel terbaik sepanjang masa yang wajib kamu baca setidaknya sekali seumur hidup. Singkatnya, Pride and Prejudice bercerita tentang kisah cinta Elizabeth Benneth dan Mr. Dracy.

Keduanya menjalani pendekatan di zaman yang sangat mengagungkan tata krama, kesopanan, reputasi serta ekspektasi. Dua karakater berlawanan sifat serta latar belakang yang berbeda itu harus belajar untuk menghilangkan prasangka dan keangkuhan agar bisa saling menerima kebaikan satu sama lain.

Perlu tempat yang tenang untuk membaca sekalian me time? Gak usah pusing-pusing mencari tempat, langsung saja ke Bobobox! Suasananya yang tenang dan hening dijamin membuat kamu nyaman berleha-leha sambil melahap berbagai novel terbaik sepanjang masa atau bacaan lainnya.

Hadir dengan gaya futuristik dan minimalis, Bobobox memang menawarkan kenyamanan bagi pengunjung dengan memaksimalkan fungsi ruang sehingga tidak banyak makan tempat untuk aksesori dan fasilitas yang tidak perlu.

Nggak cuma itu! Bobobox juga didukung dengan teknologi Internet of Things (IoT). Untuk memesan kamar, kamu cukup reservasi lewat aplikasi Bobobox. Aplikasi satu ini nantinya dapat kamu gunakan untuk check-in dan check-out, sebagai kunci kamar dengan memindai QR code, serta pengaturan untuk fitur Bluetooth speaker dan moodlamp yang tersedia di dalam kamar. Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox dan rasakan keseruan serta kemudahannya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles