5 Tips Memilih Kursi Pesawat Tergantung Kebutuhan

Tips memilih kursi pesawat berikut ini akan membantu kamu menikmati waktu di udara dengan nyaman. Faktanya, memang ada banyak tipe kursi pesawat yang bisa kamu pilih tergantung kebutuhan.

Ada yang bisa jadi pilihan jika tujuanmu adalah mengutamakan kenyamanan saat membawa anak kecil. Ada juga yang patut kamu pilih agar tidur selama perjalanan lebih lelap.

Apa sajakah kursi pesawat yang bisa kamu pilih untuk menunjang kenyamanan saat mengudara? Simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Jika Ingin Ruang Kaki yang Lebih Leluasa

foto bagian belakang pesawat dengan pintu darurat yang sedikit terbuka

Sumber: wikimedia.org

Tips memilih kursi pesawat yang pertama adalah memilih kursi dengan ruang kaki yang lebih lega. Peminat pesawat kelas ekonomi yang membludak seringkali membuat banyak maskapai mengakali susunan kursi pesawat agar bisa ditempati sebanyak mungkin orang. Hal ini membuat jarak antarkursi semakin rapat. Kamu pun kerap tidak bisa leluasa menyelonjorkan kaki.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih kursi yang sejajar dengan pintu keluar. Dengan begitu, kamu akan memperoleh ruang yang lebih luas dibanding kursi lainnya.

Jika kamu ingin ruang yang lebih luas lagi, kamu bisa memilih kursi di samping lorong agar bisa curi-curi menjulurkan kaki ke sisi samping lorong. Tapi, tentu saja jangan sampai kakimu menghalangi penumpang yang lewat, ya.


Baca Juga: Mengenal Jet Lag: Fenomena Perubahan Tubuh setelah Naik Pesawat


2. Jika Ingin Tidur dengan Nyaman

Jika penerbanganmu berlangsung hingga berjam-jam, tentu mau tidak mau kamu harus tidur. Agar tidur lebih lelap dan nyaman, kamu bisa memilih kursi dekat jendela di sisi kiri pesawat, tepatnya di sekitar barisan tengah.

Berdasarkan pendapat kebanyakan orang, bagian jendela di sisi kiri pesawat tidaklah selalu sejajar dengan tempat duduk. Dengan begitu, kamu bisa merebahkan kepala dengan lebih nyaman dan juga menjauhkan diri dari kegaduhan toilet serta kabin makanan. Tidur pun jadi lebih lelap, deh!

3. Jika Membawa Anak Kecil

foto tampak depan pesawat sedang parkir di runway

Sumber: Unsplash

Jika kamu memiliki agenda bepergian ke luar negeri bersama anak-anak, sangat dianjurkan untuk memilih kursi bulkhead. Kursi bulkhead adalah kursi pesawat yang menghadap dinding partisi pemisah antarkelas. Umumnya, fitur kursi pesawat bulkhead ini tersedia di pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767 atau 777.

Kursi bulkhead ini akan memberimu memiliki ruang ekstraleluasa. Beberapa maskapai bahkan memperbolehkan anak kecil bermain dan duduk di lantainya, tentu saja dalam pengawasan orang tua dan tidak saat take-off atau landing.

Selain itu, posisi kursi pesawat ini berada tepat di depan, sehingga kamu lebih mudah mengakses toilet. Tak hanya itu, beberapa bulkhead juga dilengkapi dengan fasilitas keranjang untuk tempat bayi tidur alias baby crib. Fasilitas ini akan sangat membantu saat kamu terbang berjam-jam bersama bayi.

4. Jika Kamu Membawa Banyak Barang

Tips selanjutnya adalah kursi pesawat yang bisa kamu pilih jika kamu membawa banyak barang. Membawa banyak barang ke pesawat kerap terasa merepotkan. Jika barang bawaan kamu sangat banyak, kamu mungkin harus menyimpan tas di pangkuan atau pun di bawah kaki.

tips memilih kursi pesawat

Sumber: Unsplash

Jika sudah demikian, kenyamanan kamu saat terbang akan bekurang, terutama jika penerbanganmu berjam-jam lamanya. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Nah, faktanya, hampir semua maskapai di dunia (kecuali asal Inggris) punya aturan penyimpanan barang di bagasi kabin dari belakang ke depan. Hal ini membuat kamu yang duduk di belakang berkesempatan mendapatkan tempat penyimpanan barang di bagasi kabin.

5. Jika Ingin Keluar Pesawat Lebih Cepat

Tips memilih kursi pesawat yang terakhir adalah untuk kamu yang ingin keluar pesawat segera. Untuk ini, pilihlah kursi pesawat di bagian paling depan atau tepatnya di bagian sisi kiri pesawat.

Kursi pesawat di area ini sangat cocok jika kamu sedang buru-buru, atau jika kamu ingin segera keluar dari pesawat dibandingkan penumpang lainnya.

Pasalnya, ketika menurunkan penumpang, para penumpang yang duduk di depan akan dipersilakan keluar terlebih dahulu. Selain itu, umumnya pintu utama pesawat berada di bagian sisi kiri pesawat. Penumpang yang duduk di bagian paling depan sisi kiri pun kemungkinan besar akan keluar lebih cepat.

Semoga tips-tips memilih kursi pesawat ini membantu kamu memilih kursi pesawat sesuai dengan kebutuhan, ya!


Baca Juga: 7 Tips agar Tetap Nyaman di Pesawat Walau Duduk di Kursi Tengah


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan yang wajib diikuti selama pengunjung berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Yuk, segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles