tips menjaga kesehatan selama travelling

Jangan Sakit! Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Selama Traveling

Menjaga kesehatan selama traveling adalah kunci nomor satu dalam menikmati liburan. Akan sangat mengesalkan jika kamu harus menghabiskan waktu kamu terkungkung di hotel karena sakit, bukan?

Pastikan kamu senatiasa menjaga kesehatan selama traveling dengan beberapa tips berikut ini.

Tips Simpel Menjaga Kesehatan Selama Traveling

Terkena penyakit selama perjalanan bisa merusak suasana liburan dan bisa saja kamu harus membatalkan semua rencana kamu. Biar itu tidak terjadi, simak dan terapkan tips simpel menjaga kesehatan selama liburan berikut ini:

1. Selalu Cuci Tangan Agar Tetap Sehat

rajin mencuci tangan

Sumber: Freepik via Freepik

Tips menjaga kesehatan yang pertama adalah rutin mencuci tangan. Kebiasaan kecil ini faktanya sangat berpengaruh besar pada kondisi kesehatan, lho.

Saat kamu sedang berlibur dan berpindah-pindah tempat, kamu mungkin akan lebih banyak menyentuh barang dan benda, mulai dari pintu, pagar, jendela, pegangan tangga, dan masih banyak lagi.

Benda-benda ini banyak disentuh orang lain, sehingga bisa dipastikan tangan kamu kini memiliki banyak kuman dan bakteri.

Cucilah tangan menggunakan sabun selama 20-30 detik dengan air bersih sesuai instruksi WHO. Jika kamu kesulitan cuci tangan menggunakan air dan sabun, setidaknya bawalah hand sanitizer ke mana pun kamu pergi.


Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Ini


2. Hindari Menyentuh Area Wajah

perempuan menyentuh wajahnya

Sumber: jcomp via freepik

Meskipun kamu yakin sudah mencuci tangan dengan baik dengan sabun dan hand sanitizer, ada baiknya kamu hindari menyentuh area bagian wajah.

Dengan begitu, kamu bisa mencegah kuman atau bakteri masuk lewat mata, hidung, atau mulut.

3. Konsumsi Vitamin

seorang wanita meminum vitamin

Sumber: jcomp via freepik

Saat traveling, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak nutrisi, mengingat kamu akan melakukan lebih banyak aktivitas dibandingkan sebelumnya.

Salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus vitamin adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi cukup buah dan sayur saat berlibur.

4. Jangan Malas Minum Air Putih

seorang wanita meminum air kemasan

Sumber: jcomp via freepik

Banyak orang malas minum air putih. Jika kamu pergi berlibur saat musim panas, sebaiknya kami hilangkan kebiasan buruk ini.

Pastikan tubuh kamu terhidrasi dengan baik dengan mencukupi kebutuhan tubuh kamu atas air putih. Minuman manis seperti kopi, soda, atau sirup tak akan memenuhi kebutuhan kamu atas air putih.

Bawalah botol air ke mana pun kamu pergi termasuk saat liburan, agar tubuhmu senantiasa terhidrasi.

5. Minum Air Mineral Kemasan Lebih Baik

seorang pria memegang botol kemasan air

Sumber: jcomp via freepik

Beberapa destinasi liburan memberikan akses minum air langsung dari keran atau tap water. Namun, jika kamu khawatir dengan kebersihannya, maka kamu bisa membeli air mineral dalam kemasan agar lebih terlindungi.

Kamu tak pernah tahu apakah air keran tersebut terkontaminasi atau tidak. Selain itu, bisa saja tubuh kamu memiliki bakteri baik yang mungkin tidak terbiasa dengan sumber air ini. Jangan sampai diare karena meminum air dengan kualitas meragukan, ya!

6. Jaga Asupan Makan dan Minum

seorang wanita sedang makan di jalan

sumber: freepik via freepik

Berburu kuliner saat liburan memang hal yang bikin penasaran sekaligus menyenangkan. Hal ini sah-sah saja, tapi pastikan untuk mengetahui kandungan makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Jika kamu memiliki alergi bahan makanan atau minuman tertentu, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang kamu pesan.

Selain itu, hindari juga membeli jajanan di tempat yang terlihat tidak higienis.

7. Cukup Istirahat Saat Liburan

seorang pria tidur di atas koper

Sumber: KamranAydinov via freepik

Waktu liburan memang waktu yang menyenangkan. Rasanya sayang jika kamu menghabiskannya hanya untuk tidur. Namun, ingatlah bahwa tubuhmu memerlukan waktu istirahat.

Bobocabin Bobobox

https://bobobox.com/bobocabin/

Jangan memaksakan diri menjelajahi segala sudut kota, atau terlalu larut berbincang-bincang dengan teman, pasangan, dan keluarga saat berlibur. Pastikan tubuh kamu cukup tidur agar tetap fit, ya!

8. Sedia Obat-obatan Ketika Traveling

kumpulan obat obatan

Sumber: Freepik via freepik

Kamu tak pernah tahu apa yang terjadi saat sedang liburan. Untuk menghindari kemungkinan terburuk jatuh sakit di waktu yang tak tepat, sebaiknya selalu sedia obat-obatan selama kamu pergi berlibur.

Beberapa jenis obat-obatan yang bisa kamu siapkan adalah obat masuk angin, sakit kepala, maag, hingga diare. Kamu juga bisa membawa serta minyak kayu putih atau balsem jika perlu.

9. Jangan Sampai Telat Makan!

makanan membantu tidur

Sumber: Handy Wicaksono via Unsplash

Sudah mencukupi kebutuhan istirahat, olahraga, dan air putih, tapi masih sering lupa makan? Semua usaha kamu bisa sia-sia, lho.

Usahakan untuk tidak lupa makan saat liburan, mengingat kamu membutuhkan banyak tenaga untuk berkeliling dan berpindah kota. Jangan sampai karena lupa makan tubuhmu jadi mudah sakit dan lemas.

10. Minum Air Hangat Lebih Baik Daripada Jajan Es

seorang pria memegang botol minum

Sumber: Freepik via freepik

Saat liburan, sebaiknya kamu menghindari terlalu banyak minum air es.

Meneguk air es setelah lelah berkeliling menjelajahi kota tujuan memang terasa nikmat dan menyegarkan. Namun, jika kamu minum air es terus-menerus, ini membuat kamu rentan terkena radang tenggorkan!

Radang tenggorokan saat asyik liburan dijamin tak menyenangkan. Oleh karena itu, cobalah minum air hangat yang sesuai dengan suhu tubuh, agar tenggorokan kamu nyaman.

Tips-tips menjaga kesehatan selama traveling ini terdengar sedehana, tapi faktanya banyak juga tidak dipraktikkan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan semoga liburan kamu menyenangkan, ya!

11. Hindari Kontak dengan Hewan Liar

seekor kucing liar di hutan

Sumber: Wirestock via freepik

Bertemu dengan hewan di perjalanan bisa memberikan hiburan tersendiri. Namun, jika kamu tidak ingin terkena penyakit, sebaiknya hindari hewan-hewan liar yang kamu temui, baik itu yang bersifat domestik seperti anjing dan kucing.

Hewan-hewan liat dapat menjadi sarana penularan penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang mematikan seperti malaria atau rabies. Kalau sudah terkena penyakit seperti itu, kamu mau tidak mau harus segera membatalkan rencana liburan kamu dan segera mengunjungi dokter.


Baca Juga: Mengenali Forest Bathing, Pengobatan Alternatif Alami untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri
Foto header: Sumber: Anthony Tran via unsplash.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles